Posted by : M.Febriansyah Dalimunthe
Selasa, 10 Juli 2012
B. Insert
= Tab Insert digunakan untuk
menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek
gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
Secara umum perintah
yang terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7 Group perintah yang
memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini
adalah: (1) Pages, (2) Tables, (3) Illustrations, (4) Links, (5) Header & Footer, ( 6) Text, dan (7) Symbols.
A. Fungsi Icon di Group Pages
Kata Kunci Bahasan
|
Cover Page : | digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul. |
Blank Page : | untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen |
Break Page : | untuk memisah suatu halaman file dokumen |
Cover Page dibutuhkan saat user
ingin membuat halaman sampul dari suatu file yang sedang digarap,
merupakan fitur teranyar MS. Word yang sudah built-in sejak MS Word
rilisan 2007 yang lalu. User bisa memilih bentuk sampul serta melakukan
setting seperlunya, jadilah halaman sampul yang formal tanpa mengurangi
nilai estetika.
Sedangkan Blank Page
digunakan untuk membuat halaman kosong baru. Ini sangat membantu user
saat pengelolaan dokumen harus pindah ke halaman baru, padahal baru
setengah halaman yang terisi teks. Jadi user tidak perlu menekan Enter
ratusan kali untuk mendapatkan halaman baru. Ini sesuai dengan visi MS.
Word seabgai aplikasi perkantoran yang simpel, praktis dan efisien.
Break Page
sangat dibutuhkan terutama saat user ingin memisahkan beberapa paragraf
menjadi dua halaman. sebagai ilustrasi, dalam suatu dokumen teridiri
dari 10 paragraf yang berjejal di satu halaman saja, terus user ingin
menjadikannya sebagai dua halaman, maka user cukup meletakkan kursor di
bagian akhir paragraf yang ingin dijadikan halaman pertama, klik icon
Break page. Maka paragraf sesudah tanda kursor tadi akan berpindah ke
halaman berikutnya. Bila dalam hal ini user menggunakan icon Blank Page,
maka antara paragraf sebelum kursor dan setelahnya akan terpisah dengan
satu halaman kosong.
B. Fungsi Icon di Group Tables
Kata Kunci Pembahasan
|
Insert Table : | untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table |
Draw Table : | untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen |
Convert Text to Table: | digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel |
Excel Spreadsheet : | untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel |
Quick Tables : | untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2010 |
Saat user meng-klik icon Table, akan muncul flyout
yang berisi perintah-perintah tersebut dengan judul Insert table. Pada
pilihan pertama terdapat built-in tabel. Disini user cukup memilih
jumlah tabel dengan menggerakkan pointer secara diagonal dan diakhiri
dengan klik kiri mouse untuk menerapkan jumlah tabel terpilih. Disini
jumlah tabel terbatas dalam 10 tabel.
Insert Table…
digunakan untuk menyisipkan tabel melalui dialog box. User perlu
menentukan jumlah kolom ke samping di area Number of Columns serta
mengisi kotak Number of Rows untuk menentukan jumlah kotak ke bawahnya.
Disini jumlah tabel maupun kolom tidak dibatasi, jadi user dapat
menyisipkan tabel sepuasnya melalui perintah ini.
Draw Table
berfungsi untuk menyisipkan tabel dengan menggambar secara manual di
area dokumen. Saat icon ini di-klik, pointer mouse langsung berupa
menjadi pensil yang dinamis. Drag secara diagonal untuk membuat gambar
tabel berbentuk kotak. Bila di-drag secara diagonal akan membentuk garis
lurus namun tidak melupakan ekstensinya sebagai tabel. Bila user
membuat garis ini secara berurutan, maka spasi antar garis yang dibuat
akan menjadi area dalam suatu tabel.
Convert Text to Table
digunakan untuk mengkonversi atau mengubah paragraf terpilih menjadi
berbentuk tabel. Disini program berjalan secara stereotip. Program hanya
melihat adanya jejak tombol Tab dan Enter di keyboard. Bila hanya ada
dua paragraf yang terseleksi maka hasilnya hanya ada dua kotak
atas-bawah. Apabila teks yang terseleksi terdiri dari dua paragraf yang
spasinya menggunakan tab, maka hasilnya terdapat dua kolom ke samping
dan dua baris ke bawah.
Excel Spreadsheet
digunakan untuk menyisipkan tabel dengan format lembar kerja Excel.
dengan fitur ini user dapat memasukkan rumus fungsi layaknya di lembar
kerja Excel. Jadi, user dapat menghadirkan spesifikasi Excel biarpun
sebenarnya sedang bekerja di aplikasi word processor.
Quick Tables…
berfungsi untuk menyisipkan jenis tabel sesuai jatah yang tersedia di
MS. Word 2010 ini. User dipersilahkan untuk memilih jenis dan tema tabel
yang diinginkan. Dalam menu tersebut user dapat memilih desain kalender
dll. sesuai bentuk yang tersedia.
C. Fungsi Icon di Group Illustrations
Picture : | digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer |
Clip Art : | untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program |
Shapes : | digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape |
SmartArt : | digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization |
Chart : | digunakan untuk menyisipkan diagram |
Picture
merupakan perintah yang digunakan untuk menyisipkan gambar yang
tersimpan di komuter atau di media removable lainnya. Dengan ini user
dapat menyisipkan gambar atau foto. Saat user menggunakan perintah ini,
user akan masuk ke jendela penjelajahan file untuk mengakses gambar di
lokasi tertentu yang ingin disisipkan ke lembar dokumen.
Clip Art
digunakan untuk menyisipkan gambar-gambar clip untuk tujuan ilustrasi
yang berkaitan dengan tema yang dibahas dalam dokumen. Di samping itu,
gambar Clip Art dapat berfungsi sebagai elemen pemanis dari dokumen yang
tergarap, tentunya sesuai dengan yang tersedia di library program.
Namun demikian user dapat mengunduhnya dari situs resmi Microsoft
Corporation.
Shapes
digunakan untuk menyisipkan objek geometris yang telah memiliki bentuk,
seperti segitiga, lingkaran, bintang, segi empat, dll. Bisa
dibayangkan, betapa sulitnya membuat gambar lingkaran dengan
mengandalkan garis yang dibuat secara manual. Namun fakta berkata
sebaliknya karena adanya fasilitas Shape ini. User dapat membuat objek
lingkaran yang ideal dengan cukup menyisipkannya melalui Shape tersebut.
SmartArt
merupakan fitur jelmaan Organization Chart di Word 2003 yang kini
diamputasi di MS Word 2007 ini. Tak sekedar berubah nama. Siluman fitur
2003 ini memang sarat dengan objek inovatif dengan sosok tiga dimensi
sebagai andalan. SmartArt berisi fitur untuk membuat gambar terstruktur
yang lebih bersifat ilustratif. User bisa membuat ilustrasi jenis-jenis
binatang melalui fasilitas ini.
D. Fungsi Icon di Group Links
Kata Kunci Bahasan
|
Hyperlink : | digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain |
Bookmark : | digunakan membuat penanda buku |
Cross-Reference : | digunakan untuk membuat referensi antar file |
Hyperlink
digunakan untuk menghubungkan teks atau teks terpilih dengan file lain.
Bahkan, user bisa menautkan teks terpilih dengan bagian tertentu di
situs web.
Bookmark
digunakan untuk membuat penanda buku atau sebagai halaman favorit.
Disini user diminta untuk melakukan setting terhadap file yang ingin
dijadikan sebagai penanda buku atau halaman favorit dari teks atau objek
terpilih.
Cross-reference
digunakan untuk membuat referensi atau rujukan antar file. Dengan
fasilitas ini user dapat membuat rujukan ke footnote atau endnote
tertentu di suatu halaman.
E. Fungsi Icon di Group Header & Footer
Kata Kunci Bahasan
|
Header : | digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file |
Footer : | digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file |
Page Number : | digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman |
Header
digunakan untuk mengatur kop atau kepala halaman suatu file. Biasanya
suatu dokumen resmi perlu dibubuhi kop dari suatu organisasi. Dengan
fasilitas Header tersebut, user dapat memberikan serta mengatur format
header. Disitu terdapat beberapa format Header yang sudah built-in. User
dapat memilih salah satunya yang sesuai.
Footer
digunakan untuk mengatur atribut suatu halaman berupa kaki halaman.
Biasanya di bagian footer berisi nomor halaman serta atribut
komplementer lainnya. Seperti halnya header, Footer juga berisi pilihan
mengenai format Footer sehingga user tinggal memilih serta melakukan
setting seperlunya. Kesamaan antara header dan Footer adalah: jika user
sudah membubuhkan keduanya di halaman tertentu maka Header dan Footer di
halaman lainnya akan persis sama.
F. Fungsi Icon di Group Text
Kata Kunci Bahasan
|
Text Box : | digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks |
Quick Parts : | digunakan untuk mengatur teks otomatis dll |
WordArt : | digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik |
Drop Cap : | digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf |
Signature Line : | digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital |
Date & Time : | digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini |
Object : | digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded) |
Text Box
berfungsi untuk menyisipkan kotak teks sesuai dengan pilihan yang
tersedia di menu tersebut. dengan ini user tidak perlu menyisipkan objek
Shape yang kemudian di-Add text. Disini user juga bisa melakukan
setting seperlunya terhadap Text Box yang telah disisipkan.
Quick Parts
merupakan menu yang menyediakan perintah-perintah, antara lain : (1)
Autotext digunakan untuk mengatur teks otomatis, (2) Document Property
untuk mengatur atribut dokumen [titel, tag, dll] (3) Field digunakan
untuk menyisipkan Field atau judul tabel [dapat diset sebagai nomor
otomatis sebagaimana di Access dan di Excel] (4) Building Blocks
Organizer digunakan untuk mengatur seputar partikulasi Quick Parts (5)
Save Selection to Quick Parts Gallery digunakan untuk menyimpan
pemformatan dari teks terpilih ke dalam Quick parts Gallery.
WordArt
digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini
user bisa menyisipkan tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek
lainnya. User akan diminta untuk memilih salah satu jenis Wordart,
kemudian mengetikkan teks setelah terdapat perintah “Your Text here” dan
dengan satu langkah lagi user sudah membuat teks dengan gaya dan efek
yang fantastik.
Drop Cap
digunakan untuk menysipkan huruf kapital dengan ukuran lebih besar di
awal suatu paragraf. Disini lagi-lagi user disuguhi menu pilihan untuk
mengambil salah satu bentuk Drop Cap yang diinginkan.
Signature Line digunakan untuk menyisipkan anda tangan digital melalui layanan khusus yang disediakan Microsoft Corporation.
Date & Time
digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini sesuai dengan
tanggal dan waktu yang berlaku dalam sistem. dengan ini user tidak perlu
lagi mengutak-atik kalender atau bahkan membeli jam tangan hanya untuk
membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan. Gunakan perintah ini
untuk memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.
Object
digunakan untuk menyisipkan objek embedded, berupa objek yang dapat
dprogram sehingga dapat menjalankan script tertentu. Objek yang dapat
disisipkan dari perintah ini harus berupa objek dengan ekstensi OLE atau
Object Linked Embedded.
G. Fungsi Icon di Group Symbols
Equation: digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
Symbol: digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.
Yang berkatian dengan Microsoft Office »
Related Posts :
- Back to Home »
- Microsoft Office »
- Fungsi Icon Yang Terdapat Pada Menu "Insert"
Fungsi Icon Yang Terdapat Pada Menu "Insert" >>>>> Download Now
BalasHapus>>>>> Download Full
Fungsi Icon Yang Terdapat Pada Menu "Insert" >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Fungsi Icon Yang Terdapat Pada Menu "Insert" >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK